Senin, 05 Januari 2015

Menikmati Pedasnya Rica-Rica Belut Jangkar



Bagi Anda pecinta makanan pedas, tak lengkap rasanya jika belum mencicipi rica-rica belut jangkar. Menu sederhana yang mengandalkan rasa super pedas itu merupakan kuliner andalan masyarakat perbukitan Kapur, Tuban, Jawa Timur. 
Harganya yang terjangkau, serta rasa pedasnya yang khas, membuat rica-rica belut jangkar selalu dirindukan penikmatnya.
Jika Anda berkunjung ke Kapur, Tuban, makanan ini sangat mudah dijumpai di warung-warung pedesaan. Namun, para pelancong umumnya memilih Warung Jangkar di Desa Tegal Agung, Kecamatan Semanding. 
Alasannya, lokasinya mudah dijangkau dari jalur Pantai Utara Jawa alias Pantura.
Dari namanya, bahan dasar masakan ini tentunya belut. Setelah isi perutnya dibersihkan, belut kemudian digoreng, namun tidak terlalu garing agar dagingnya mudah dikonsumsi dan rasa gurihnya tidak hilang. Belut kemudian ditumis dalam sambal giling. 
Selanjutnya, rica-rica belut jagkar super pedas siap disajikan bersama sebungkus nasi jagung atau nasi putih, sesuai selera pelanggan.  
Menyantap masakan ini dijamin berkeringat. Sambalnya yang memiliki rasa khas, serta gurihnya belut, akan membuat ketagihan. 
Salah satu pelanggan yang ketagihan adalah Tegar Octa, asal Surabaya. "Setiap ke Tuban, pasti mampir," katanya
Ya, penikmat rica-rica belut jangkar ini bukan hanya warga Tuban, mereka juga datang dari berbagai daerah seperti Surabaya, Yogyakarta, Jawa Tengah, Bandung dan Jakarta.
Soal harga, tak perlu khawatir. Rica-rica belut ini cukup terjangkau. Satu porsinya dibanderol Rp13 ribu. Selain belut, biasanya juga disediakan menu lain, yakni lele pedas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar